amaliAnjani's Blog

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Posted on: September 19, 2010

Manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia hidup saling membutuhkan satu sama lain dan berkomunikasi merupakan kebutuhan yang utama. Untuk itu, manusia menciptakan sistem dan alat untuk berhubungan, mulai dari melukis kisah di dinding gua, isyarat menggunakan asap atau bunyi, penulisan hutuf, pengiriman surat, hingga munculnya telepon dan internet. Alat dan sistem komunikasi yang diciptakan manusia kemudian dikenal dengan nama Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

1. Masa Prasajarah (Sebelum 3000 SM)

Pada awalnya, manusia menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, misalnya tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini, mereka menggambarkan keadaan lingkungannya dinding gua tempat mereka tinggal. Kemampuan berbahasa mereka hanya dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi.

Selanjutnya berkembang dengan diciptakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

2. Masa Sejarah (3000 SM s.d 1400 M)

Perkembangan tulisan semakin maju pada masa sejarah, mulai ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media penulisan yang mudah dibawa. Pada masa ini, informasi belum disebarkan secara massal. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masa sejarah pada tabel berikut.

3000 SM Untuk pertama kalinya, ditemukan tulisan yang digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbo-simbol yang dibentuk dari piktograf. Simbol ini mempunyai bentuk bunyi yang cara penyebutannya berbeda sehingga dapat disimpulkan bahwa bangsa SUmeria telah mengenal bahasa dan tulisan pada masa itu. Selain itu, terdapat tulisan hieroglif yang dikembangkan oleh orang-orang Mesir.
1774 SM Orang-orang Yunani memperkenalkan sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan memakai abjad fonetik, yaitu huruf-huruf yang diciptakan berdasarkan bunyi ucapan, bukan lambang/gambar yang diciptakan sebgai wakil suatu ide atau benda.
1400 SM Orang-orang di dataran Cina mulai menuliskan sejarah mereka secara teratur di atas kepinga-kepingan tulan binatang.
1270 SM Ensiklopedia petam di dunia diterbitkan oleh orang-orang Suriah.
900 SM Sistem pelayanan pos (jasa pengiriman) dan kantor pos pertama di dunia diciptakan oleh orang-orang Cina.
776 SM Penggunaan merpati pos dipopulerkan oleh orang-orang Yunani.
530 SM Perpustakaan pertama di dunia didirikan di Yunani.
500 SM Alat tulis petama di dunia yang mudah dibawa ke mana-mana diciptakan di Mesir, yaitu dari papirus yang menyerupai kerta. Serat dipohon Papirus digunakan sebagai media penulisan yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang digunakan sebelumnya.
105 SM Tsai Lun dari Cina menemukan ketas. Ketas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah cikal bakal ketas yang kita pertgunakan sekarang. Ketas dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan, dan dikeringkan.
14 M Orang-orang Romawi meresmikan sistem pelayanan pos mereka.
37 M Kaisar Tiberius dari Roma adalah orang oertama yang tercatat menggunakan cermin sebagai alat pengiriman kode atau pesan. Cara ini dinamakan heliograf.
100 M Diciptakanya buku-buku yang memiliki bentuk mirip dengan buku zaman sekarang.
305 M Alat cetak pertama diciptakan di Cina yang terdiri atas lempengan kayu berukir yang kemudian dipakai untuk menerakan isinya ke atas kertas. Sistem pencetakan ini dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditorehkan dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem Csp.
1049 M Pi Sheng dari China menciptakan alat cetak yang hurufnya dapat dipindah-pindahkan dengan memakai lempengan tanah liat bakar.

3. Masa Modern (1400 M – Sekarang)

Pada masa ini terjadi kemajuan yang signifikan pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi sampai saat ini terus berkembang pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan, mulai dari sistem komunikasi samapai alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).

Dua ciri menonjol pada media komunikasi saat ini antara lain:

- Ukurannya lebih kecil dan membutuhkan lebih sedikit daya listrik,

- Proses operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat,

- Tempat penyimpanan berkapasitas besar dengan ukuran yang relative kecil,

- Tidak mengenal jarak.

Mulai gambar, isyarat, hingga bunyi. Berkembang menjadi huruf dan medianya. Terus berkembang menjadi pos, telegram, hingga telepon bahkan setelah teknologi computer ditemukan internet telah menjadi media TIK yang mampu menyatukan bumi. Semakin cepat dan tepat menjadi tolak ukur kecanggihan teknologi komunikasi yang berkembang saat ini. Sekarang tinggal manusia yang menentukan apakah akan digunakan bijak yang akan membawa hasil yang luar biasa atau digunakan sembrono, yang mampu menghancurkan kehidupan manusia itu sendiri. Semua tinggal memilih.

DAFTAR PUSTAKA

http://blog.its.ac.id/dafit1blog/sejarah-teknologi-informasi-dan-komunikasi-2/

http://frelino.wordpress.com/

About these ads

2 Responses to "SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)"

thank’s Om
nie sangat berguna bagi saya. . .

hmm… yang nilis bukan om.. :D
nice i can help you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: