amaliAnjani's Blog

Angin Bertiup

Posted on: December 8, 2010

Permainan ini bertujuan untuk melatih mengatasi perubahan.

Permainan ini melibatkan banyak peserta. Seorang fasilitator akan menentukan tempat-tempat yang digunakan pada permainan ini sebagai tempat perlindungan peserta. Dan setiap tempat memiliki kuota peserta yang berbeda. Misalnya pohon koutanya 1 orang dan bangku kuotanya 4 orang.

Cara permainan:

1.       Tiap peserta diminta menempati tempat perlindungan yang telah ditentukan.

2.       Setelah semua pesertamenempati tempat perlindungan. Selanjutnya seorang fasilitator akan menyebutkan satu ciri khas pada diri peserta. Misalnya memakai kacamata atau memakai celana warna hitam.

3.       Setelah ciri khas disebutkan oleh fasilitator, maka peserta yang memiliki ciri khas tersebut harus berpindah tempat perlindungan. Rentang waktu berpindah hanya lima hitungan.

4.       Jika dalam rentang waktu berpindah peserta masih belum mendapat tempat perlindungan, maka peserta tersebut diminta langsung menuju ke depan.

5.       Permainan ini akan berakhir tergantung fasilitator. Peserta-peserta yang maju ke depan akan mendapat “hadiah”. Hadiah tersebut ditentukan oleh peserta lain yang tidak maju ke depan. Misalnya menari atau menyanyi.

 

Hikmah permainan:

  • Menentukan posisi awal merupakan hal yang penting. Karena posisi awal akan menentukan tindakan selanjutnya serta menentukan peluang selanjutnya.
  • Menentukan posisi awal memerlukan perhitungan dan pertimbangan yang matang dan tidak asal memilih. Karena menentukan seberapa efisien dan efektif untuk menentukan langkah berikutnya.
  • Tiap orang harus memahami diri sendiri. Apa yang menjadi ciri khas, kelebihan maupun kelemahan diri sendiri.
  • Konsentrasi dan kesigapan dalam bertindak serta berpikir cepat. Hal ini akan bermanfaat bagi kehidupan karena ada saatnya kita harus memutuskan sebuah pilihan dan melakukan sebuah tidakan yang tepat dalam waktu yang singkat.
  • Mampu melihat dan meraih peluang yang ada di sekitar.
  • Melatih diri sendiri memiliki rencana A, B, C, dan seterusnya untuk mencapai apa yang menjadi kenginan dan harapan kita. Jika rencana A gagal maka kita masih memiliki rencana cadangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: