amaliAnjani's Blog

Ball Identity

Posted on: December 8, 2010

Permainan ini dapat dimainkan pada saat pertama tim buliding atau pembentukan tim. Karena pada permainan ini peserta akan belajar mengenai langkah awal dalam membentuk kesan awal.

Cara dan aturan main:

1.       Peserta berdiri melingkar sesuai kelompok masing-masing.

2.       Pada masing-masing kelompok akan diberi sebuah bola ping-pong. Bola ini akan dilempar oleh seorang peserta dan ditangkap oleh peserta yang lain, begitu seterusnya.

3.       Peserta yang menangkap bola harus mengatakan terima kasih, lalu menyebutkan nama nya. Lalu melempar kepada peserta lain.

4.       Peserta berikutnya yang menangkap bola setelah mengucapkan terima kasih harus menyebutkan informasi yang sama seperti peserta sebelumnya, dan ditambah satu informasi tambahan mengenai dirinya. Misalnya alamat, hobi, keahlian, dsb.

Hikmah yang bisa diambil dari permainan lempar bola adalah ;

  • Perkenalan awal. Ada ungkapan “tak kenal maka tak sayang”, hal ini berlaku pada semua segi kehidupan kita terutama dalam sebuah tim yang nantinya akan melakukan kerjasama. Perkenalan awal ini akan menciptakan keakraban dalam tim tersebut yang nantinya akan mampu meningkatkan kerjasama tim.
  • Memberi kesan pertama yang positif. Dengan kesan yang positif orang akan mudah menerima kita. Misalnya pada permainan ini, setelah menerima bola maka penangkap akan mengucapkan “terima kasih”. Hal tersebut akan memberi kesan positif.
  • Menghargai dan mendengarkan orang lain. Sikap ini penting adanya dalam sebuah tim. Jika semua anggota nya merasa dihargai maka mereka akan merasa nyaman dengan tim tersebut, hal ini akan berdampak pada meningkatnya ke-solid an sebuah tim.
  • Menempatkan diri dalam menghadapi lingkungan yang baru atau orang-orang yang baru. Hal ini diperlihatkan saat kita melempar bola. Kita tidak bisa asal melempar bola tersebut. Saat melempar bola kita harus menyesuaikan dengan penerima bola. Misalnya jika bola tersebut akan kita lempar kepada peserta lain yang tingginya lebih rendah dari kita, kita tidak boleh melemparnya terlalu tinggi.
  • Jika kita ingin menarik perhatian orang lain, maka kita harus melakukan sesuatu yang menarik. Misalnya dalam permainan ini, saat memperkenalkan diri selain nama kita dapat menyebutkan ukuran sepatu atau ukuran celana. Hal ini tidak lazim disampaikan namun hal ini akan mampu menarik perhatian orang lain karena unik dan lain daripada yang lain.

1 Response to "Ball Identity"

Bismillah,,

Izin nge-copy,,

Syukron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: