amaliAnjani's Blog

Ice Breaker

Posted on: December 8, 2010

Permainan ini melatih peserta untuk mendengar orang lain serta meningkatkan tingkat konsentrasi.

Permainan lebih seru jika dilakukan denganpeserta yang banyak, namun tidak menutup kemungkinan dilakukan hanya oleh beberapa orang. Permainan ini dapat dilakukan di dalam ruang  maupun di luar ruang.

Cara dan aturan permainan:

1.       Peserta diminta berdiri melingkar. Dan seorang fasilitator pemberi instruksi berdiri di tengah lingkaran tersebut.

2.       Tangan kiri tiap peserta menunjuk ke atas dan telapak tangan kanan tiap peserta menghadap ke bawah sehingga berada di atas ujung telunjuk tangan kanan peserta di sebelahnya. Setelah semua peserta melakukan intruksi nomor dua, maka akan terbentuk lingkarang yang saling menghubung.

3.       Fasilitator pemberi intruksi, akan menyisipkan kata kunci ke dalam sebuah cerita. Kata kunci dapat disepakati bersama sebelumnya.

4.       Ketika kata yang menjadi kata kunci disebutkan, maka telunjuk tangan kiri harus menghindari tangkapan peserta sebelah kiri nya. Dan telapak tangan kanan harus berusaha menangkap telunjuk peserta sebelah kanan nya.

5.       Peserta yang telunjuk tangan kirinya tertangkap, maka dia harus maju ke depan. Untuk apa yang akan dilakukan peserta yang tadi maju dapat disepakati bersama misalnya peserta yang maju tadi harus membuat peserta lain yang tidak maju tertawa.

Hikmah permainan :

  • Melatih keseimbangan antara menangkap dan menghindar. Kita dilatih untuk melakukan dua hal bersamaan. Jika kita tidak bisa, maka lebih prioritaskan satu hal, karena jika tidak, kita akan gagal di kedua-dua nya.
  • Melakukan dua hal besar secara bersama, kita harus memprioritaskan satu hal selain itu kita harus berani untuk mengambil resiko. Dan semua hal tersebut dilakukan dalam waktu yang relative singkat.
  • Kebanyakan orang terkadang selalu mencari aman. Pada permainan ini terlihat bahwa diri kita tidak berusaha menangkap tapi hanya fokus pada menghindar. Karena jika kita tertangkap maka kita akan mendapat hukuman. Padahal keberanian mengambil resiko juga merupakan hal yang penting, apalagi pada sebuah permainan yang jika  kalah hanya disuruh untuk maju ke depan dan hal itu bukan sesuatu yang membahayakan.
  • Konsentrasi. Permainan ini melatih konsentrasi kita karena jika kita tidak konsentrasi maka kita akan gagal. Gagal menghindar sehingga tertangkap ataupun gagal menangkap.
  • Mendengarkan. Kunci pada permainan ini selain konsentrasi adalah mendengarkan. Karena fasilitator menyisipkan kata kunci pada sebuah cerita, maka kita harus mendengarkan dengan baik cerita tersebut. Mendengarkan adalah kunci kita menambah informasi,  karena dengan mendengar maka kita akan mendapat info-info penting yang mungkin sebelumnya belum kita ketahui.
  • Melatih ketanggapan dan kecekatan. Permainan ini melatih kita cepat tanggap serta cekatan dalam bertindak. Setelah kita mendengar kata kunci, maka kita harus segera bertindak yakni menangkap sekaligus menghindar, jika tidak cekatan dan tanggap maka kita tidak akan dapat menangkap bahkan kita akan tertangkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: