amaliAnjani's Blog

Menulis Itu Mudah

Posted on: January 8, 2011

Menulis? Setiap orang akan memberi pendapat yang berbeda mengenainya. Namun rata-rata orang akan berpendapat bahwa menulis merupakan hal yang rumit dan susah. Bahkan ada yang berpendapat bahwa menulis adalah suatu bakat. Jadi yang bisa menulis artikel dengan baik hanyalah orang-orang yang berbakat menulis. Sebenarnya pendapat-pendapat tersebut hanyalah mitos yang berkembang dalam masyarakat. Menurut Rudi Santoso seorang penulis aktif opini di sebuah surat kabar di Indonesia, “setiap orang memiliki bakat untuk menulis, hanya kadarnya yang berbeda-beda. Tinggal bagaimana cara kita mengasahnya, seperti intan yang semakin diasah maka semakin berkilau. Begitu pula dengan kemampuan menulis. Semakin sering kita berlatih menulis maka semakin baiklah kemampuan kita menulis. Kemauan kita yang menentukan apakah kita dapat membuat tulisan yang baik.”

Tulisan-tulisan terbagi menurut jenis-jenisnya, namun jika ditinjau secara umum menurut gaya penyampaian dan gaya bahasa, tulisan terbagi menjadi dua yakni tulisan ilmiah dan tulisan populer. Tulisan ilmiah cendenrung menggunakan bahasa ilmiah yang hanya dimengerti oleh kelompok yang mempelajari ilmu yang dibahas. Sehingga tulisan ilmiah hanya dikonsumsi oleh golongan tertentu. Sedangkan tulisan populer cenderung menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan bahasannya bersifat umum. Tulisan ini ditujukan untuk masyarakat awam yang ingin mengetahui secara umum mengenai ilmu yang menjadi pokok bahasannya. Tulisan ini berkembang dan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Oleh karena itu, untuk awal belajar menulis kita dapat membuat tulisan populer. Karena bahasa yang digunakan sederhana dan kita dapat dengan mudah menemui contoh-contoh tulisan populer di sekitar kita.

Menulis tulisan populer yang baik haruslah menggunakan bahasa dan kalimat yang sederhana serta tidak bertele-tele. Jangan menyiksa pembaca dengan kata-kata yang sulit atau kalimat yang rumit adalah salah satu kunci pembuatan tulisan populer yang baik. Sebaiknya menghindari istilah asing dan menggunakan istilah populer. Asing yang dimaksud bukan istilah yang menggunakan bahasa negara lain, namun istilah yang menggunakan bahasa yang jarang digunakan oleh masyarakat. Misalnya download yang merupakan bahasa inggris, namun istilah ini lebih populer daripada unduh yang merupakan bahasa indonesia dari download. Pikiran yang menyatakan bahwa semakin banyak istilah asing yang digunakan maka akan terlihat bahwa tulisan yang dibuat semakin berbobot adalah salah besar. Tulisan yang menggunakan istilah asing akan mempersulit pembaca dalam memahami tulisan kita yang berarti kita menyiksa pembaca dengan istilah asing tersebut.  Sehingga pembaca akan enggan membaca tulisan kita

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tulisan yang baik adalah tulisan yang tidak rumit, maka dapat diartikan tulisan yang baik haruslah jelas. Tulisan yang dibuat harus spesifik. Jika tidak, maka pemahaman tiap orang akan berbeda. Misalnya, pendemo segera diamankan oleh pihak kepolisian. Kata diamankan memiliki banyak arti, apakah ditangkap lalu dimasukkan penjara atau ditahan lalu dilepaskan. Asumsi setiap orang akan berbeda dan hal ini akan mempengaruhi dari pemahaman pembaca akan tulisan secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan akronim, singkatan, ataupun jargon yang berlebih.

Pembaca akan berhenti membaca jika pembaca merasa tersakiti. Baik karena kerumitan dan ketidak jelasan tulisan atau tulisan tersebut penuh dengan istilah asing. Selain itu, hal yang mampu menyakiti pembaca adalah angka-angka yang rumit. Penggunaan angka sebagai data pendukung tentu saja disarankan, akan tetapi penggunaan yang berlebih hanya akan merusak keinginan membaca. Cukup gunakan angka prakiraan atau membulatkan angka tersebut. Misalnya berdasarkan penelitian, sekitar 1 juta penduduk Indonesia masih di bawah garis kemiskinan. Atau korban jiwa pada letusan gunung merapi mencapai lebih dari 500 jiwa.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah membuat analogi bagi tulisan yang dibuat. Analogi termasuk hal yang penting karena dengan analogi pembaca akan dapat membayangkan maksud dari apa yang ingin kita sampaikan. Hal ini akan meningkatkan pemahaman pembaca dan menghindari salah paham pembaca mengenai maksud tulisan yang dibuat. Agar semakin memudahkan pembaca dalam membayangkan analogi, maka harus dibuat analogi yang sederhana. Analogi yang sederhana merupakan analogi dari hal-hal yang sering muncul di lingkungan sekitar.

Dengan tips-tips mudah menulis tulisan populer yang telah kita bahas, seharusnya kita telah mampu untuk membuat sebuah tulisan. Kembali ke awal tulisan ini, disebutkan bahwa menulis merupakan hal yang mudah. Yang membuat susah adalah kemauan kita untuk berlatih menulis. Disarankan untuk membuat tulisan setiap hari. Tidak perlu tulisan yang rumit, apa yang kita kerjakan hari itu dapat dituangkan dalam bentuk tulisan. Selain itu, untuk awalnya kita dapat meniru gaya bahasa penulis yang telah malang-melintang dalam dunia menulis. Kemudian poles dengan gaya bahasa dan sudut pandang kita sendiri. Jika terus dilakukan maka kita akan mampu meningkatkan kemampuan menulis kita. Selamat menulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: