amaliAnjani's Blog

‘Si Rakus’ Ganti Matahari, Komersil Murah

Posted on: January 8, 2011

Saat berkendara melewati jalan-jalan raya di perkotaan, pasti tidak akan lepas dengan gemerlapnya papan-papan reklame. Papan-papan reklame ini setiap malam tidak akan pernah mati. Pernahkah berpikir kira-kira berapa asupan listrik yang dikonsumsi oleh sebuah papan reklame? Konsumsi listrik satu papan reklame yang berdurasi 6 jam per hari, rata-rata membutuhkan energi listrik sebanyak 192.000 KWh . asupan listrik ini menyamai asupan listrik sebuah desa kecil. Jika kita sandingkan dengan banyaknya desa-desa di wilayah indonesia yang belum merdeka dari kegelapan, hal ini cukup ironis.

Namun berita menggembirakan datang dari SHARP Indonesia. Perusahaan elektronik ini mampu mengambil peluang dari si rakus ini. SHARP indonesia telah membuat satu terobosan yang luar biasa, yakni membuat panel surya sebagai sumber energi listrik pada salah satu papan reklame yang berlokasi di jalan protokol MH. Thamrin, Jakarta Pusat.  Ini merupakan papan reklame pertama yang memenuhi kebutuhan listriknya dari tenaga surya dengan memanfaatkan teknologi Photo Volatic yang dipasang di atasnya. Hal ini akan memotong biaya operasional untuk membayar konsumsi listrik.

Papan reklame tenaga surya milik Sharp di Jl. MH Thamrin. (foto: Sharp)

Sebenarnya, SHARP tidak sendirian dalam memanfaatkan papan reklame sebagai pembangkit listrik.  Pacific Gas and Electric (PG&E), sebuah perusahaan produsen listrik di California telah memulai memanen listrik dari papan reklame ini. PLTS Papan Reklame pertamanya di bangun di 1000 Brannan Street in San Francisco mrnggunakan 20 panel surya yang mampu menghasilkan listrik antara 2,5 – 3,4 kW listrik dan terinterkoneksi dengan jaringan.Dengan menggunakan teknologi Light Emitting Diode (LED) untuk menerangi papan reklamenya, PLTS Papan Reklame PG&E mampu menghasilkan listrik melebihi jumlah yang diperlukannya untuk operasi dan menjual kelebihannya ke jaringan.

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) merupakan salah satu sumber listrik yang amat potensial di Indonesia yang notabene merupakan negara Tropis. Jika kita memanfaatkan sumber  listrik ini, maka tidak akan lagi terjadi pemadaman listrik bergilir. Karena asupan listrik ditunjang oleh PLTS seperti yang dilakukan oleh PG&E.

Selain itu, PLTS merupakan sumber energi yang ramah lingkungan. Sehingga dengan adanya PLTS ini maka akan turut mendukung gerakan hemat energi yang mulai digalakkan oleh masyarakat global.  Dan mengutip  tagline sebuah kampanye yang di desain oleh perusahaan iklan Lowe Worldwide yakni “Change Your Power, Change Your Planet.”

Seandainya trend ini semakin berkembang, masyarakat mungkin tidak lagi mengkritisi papan reklame hanya sebagai si boros listrik yang menjadi penghalang pandangan dan merusak keindahan kota. Menarik bukan?

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: