amaliAnjani's Blog

Intro Keterampilan Interpersonal

Posted on: January 13, 2011

Semua pasti mengerti yang namanya keterampilan interpersonal. Keterampilan yang berhubungan dengan cara untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Biasanya keterampilan interpersonal diartikan sebagi kemampuan softskill. Mungkin bagi beberapa dari kita berpikir hal-hal tersebut bukan hal yang terlalu penting. Namun sebenarnya keterampilan ini amatlah penting. Hanya dengan kemampuan hardskill yang mencukupi namun tanpa kemampuan interpersonal yang baik maka, kita tidak akan diterima oleh masyarakat. Bahkan tidak akan dilirik oleh perusahaan, jika kita ingin bekerja.

Mengetahui fakta bahwa keterampilan interpersonal merupakan hal yang penting, maka jurusan Sistem Informasi ITS mengadakan satu mata kuliah Keterampilan Interpersonal (KI) bagi mahasiswa semester pertama.  Selain di kelas, mata kuliah ini juga mengadakan kegiatan di luar kelas. Untuk pembelajaran yang dikelas, kita diajarkan teknik belajar yakni cara untuk mempermudah kita menyerap pelajaran, teknik presentasi, teknik menulis tulisan populer dan tulisan ilmiah.

Untuk prakteknya, kita akan belajar mengenai tim building, dan manajemen diri. Cara penyampaian materi pada kuliah ini sangatlah unik. Karena mahasiswa-nya akan diajak bermain sambil belajar. Penyampaian materi disampaikan melalui game-game yang menyenangkan. Cara ini sangatlah efektif, disamping karena memori jangka panjang dapat dibentuk dari praktek selain itu cara bermain yang menyenangkan akan memudahkan para mahasiswa mengingat pembelajaran yang disampaikan. Hal ini juga efektif untuk mengubah cara berpikir dan membentuk pribadi dengan sifat yang baik. Selain itu, kreatifitas mahasiswa dapat dikembangkan di mata kuliah ini.

Pada minggu-minggu menjelang berakhirnya semester, pembelajaran mengenai pengembangan diri (kemampuan intrapersonal) dan public speaking juga akan disampaikan. Tidak tanggung-tanggung, dosen tamu yang menyampaikan materi adalah orang-orang yang telah lama berkecimpung dan memiliki banyak pengalaman di bidangnya.  Misalnya untuk public speaking, sesorang yang telah bertahun-tahun menjadi penyiar radio di stasiun terkenal dan juga menjadi penyiar tv di salah satu stasiun lokal, diundang menjadi pembicara. Dan untuk pengembangan diri, seseorang instruktur profesional juga diundang menjadi pembicara.

Melihat hal-hal tersebut diatas, kita menyadari bahwa SI sangat mendukung pemngembangan kemampuan para mahasiswanya. Tidak hanya secara hardskill, namun juga secara softskill yang akan memiliki andil besar untuk terjun di masyarakat dan industri di kedepannya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: