amaliAnjani's Blog

Kelulusan dari Kompetensi

Posted on: January 13, 2011

allaboutbagus.blogspot.com

Lulus atau tidak lulus selalu menjadi jawaban atas hasil ujuan. Dan penantian untuk mendapatkan jawaban itu, selalu menjadi tekanan batin  tersendiri bagi para penantinya.  Di negara kita ini, kelulusan selalu dianggap menjadi tolok ukur akan kesuksesan dan keberhasilan seseorang pada lingkungan pendidikan formalnya. Padahal sebuah kelulusan dari ujian tulis tidak selalu meluluskan orang-orang yang memang berkompetensi.  Dal hal inilah yang sering terlupakan. Kompetensi siswa yang tidak sekedar aspek kognitif(ujian tulis), tetapi juga aspek afektif dan psikomotoriknya sebagai bagian dari ranah pendidikan yang harus dikembangkan dalam diri dan potensi siswa. Hal inilah yang lebih penting ketimbang lulus atau tidaknya seseorang yang diukur dari keberhasilannya melewati ujian tulis.

Kompetensi bukanlah hal yang dapat diukur oleh selembar kertas yang isinya adalah nilai. Sebuah kompetensi memiliki arti yang mewakili keseluruhan potensi yang dimiliki seseorang yang nantinya akan menumbuhkan kemampuan hingga keahlian di bidang tertentu yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas yang akan mendukung  daya hidupnya. Kompetensi merupakan bangunan potensi yang berasal dari faktor psikologis, mental, moral, intelektual, spiritual, serta kemampuan motorik dan praktis, sehingga faktor-faktor tersebut harus diikutsertakan dalam menerapkan sebuah standard kompetensi dan kelulusan. Dengan demikian, nilai keberhasilan siswa benar-benar mewakili kompetensi yang dimilikinya yang tidak bisa “dimanipulasi”.

Selain itu, kelulusan yang hanya berdasarkan hasil ujian tulis pada akhir semester atau akhir  tahun ajaran akan berdampak buruk untuk mental psikologis pada pelakunya. Mereka akan tertekan secara psikologis dan akan berdampak baik secara mental maupun fisik. Selain itu,  sebenarnya untuk menilai kompetensi seseorang adalah melalui proses dia belajar atau untuk mencapai suatu kompetensi tertentu.

Jadi ada baiknya, penilaian dan penentuan keputusan akan lulus atau tidaknya seseorang tidak dilihat dari satu aspek saja. Tapi yang terpenting adalah proses pencapaian menuju kompetensi tersebut. Sehingga pola-pola penentu kelulusan yang ada pada pendidikan di negara kita harus digantikan dengan pola yang baru. Pola yang memang menilai kompetensi dan prosesnya.

Cara penentu kelulusan di jurusan Sistem Informasi ITS.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kelulusan yang hanya dilihat dari ujian tulis akhir hanya akan berdampak negatif secara psikologis bagi para pelaku ujian tersebut. Selain itu, ujian tulis belum tentu meluluskan orang-orang yang benar-benar memiliki kompetensi. Maka karena alasan-alasan ini, terutama karena kompetensi adalah hal yang terpenting sebagai faktor penentu kelulusan maka di jurusan Sistem Informasi ITS tidak diadakan ujian akhir semester.

Sebagai gantinya adalah diadakannya final project. Final project ini ada berbagai macam cara, ada yang dikerjakan secara berkelompok ataupun secara individu. Selain itu, final project ini harus dipresentasikan dihadapan para dosen pembimbing. Maka selain menguji kemampuan hardskill, penilaian dengan cara ini juga menguji kemampuan softskill.

Dengan cara ini, tidak akan terjadi manupulasi kelulusan. Karena penguji benar-benar menguji kemampuan para pelaku ujian dalam berbagai macam aspek.

Ada baiknya jika cara penentuan kelulusan menggunakan cara ini alih-alih sebuah ujian tulis. Atau dengan cara ujian lisan. Karena dengan cara ini, para penguji akan menguji kemampuan dan pemahaman sebenarnya dari pelaku ujian tersebut. Dan yang tidak dapat dipungkiri adalah pemahaman dari suatu masalah dapat mengukur proses dia untuk mencapai pemahaman tersebut.

Jadi sekali lagi, kita perlu mengubah cara-cara untuk meluluskan para pelaku ujian. Agar orang-orang yang benar-benar dinyatakan lulus, memang memiliki kompetensi yang sesuai dan mencukupi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: