amaliAnjani's Blog

Pasir Waktu

Posted on: January 14, 2011

Waktu adalah sesuatu yang terus menerus berjalan tanpa pernah berhenti. Agar tidak memberikan penyesalan kepada kita, maka ada baiknya kita mengaturnya dengan baik. Dan pada kegiatan ini, kita akan berlatih mengatur waktu dengan cara mengenali kegiatan pokok dan kegiatan sampingan. Untuk itu, kita akan menganalogikannya melalui permainan ‘pasir waktu’.

ILUSTRASI KEGIATAN

Terdapat tiga benda yakni sebuah gelas, segelas beras, dan tiga buah bola pingpong. Peserta diminta mencampur ke tiga benda tersebut dalam gelas kosong pertama. Di andaikan bahwa gelas kosong tersebut adalah waktu 24 jam sehari. Dan beras merupakan kegiatan tambahan kita, sedangkan bola pingpong adalah kegiatan pokok kita. Peserta hanya diberi satu kali kesempatan karena seperti analoginya waktu tidak dapat diputar ulang.

HIKMAH

Pertama kali yang akan kita lakukan saat akan mencampur beras dan bola pada sebuah gelas yang kecil adalah memikirkan bagaimana urutan yang tepat agar semua tercampur. Lalu rata-rata akan memasukkan satu per satu bola pingpong tersebut diselingi dengan memasukkan beras sedikit demi sedikit. Yang akhirnya kita sadari adalah bola tersebut tidak masuk semua dalam gelas. Kita terlalu terpaku harus dimasukkan semua, padahal beras tidak masuk semua tidak apa-apa yang penting ketiga bola masuk semua.

Mengapa? Karena seperti analoginya bola adalah kegiatan pokok sehingga tidak boleh dilewatkan atau bahkan ditinggalkan. Lalu beras hanya kegiatan sampingan sehingga tidak terlaksana semua juga tidak akan membawa masalah. Dari pasir waktu ini, kita akan menyadari bahwa kegiatan pokok  harus diproritaskan dan tidak boleh sampai  tergusur oleh kegiatan sampingan.

Untuk itu, agar kegiatan pokok kita dapat terlaksana semua dengan baik maka kita harus mendahulukannya. Kegiatan sampingan adalah kegiatan selingan dan bukanlah sebuah kegiatan yang harus dilakukan. Oleh karenanya kenalilah mana kegiatan pokok dan mana kegiatan selingan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: