amaliAnjani's Blog

Pelangi Perbedaan

Posted on: January 14, 2011

http://arunals.wordpress.com/2010/10/27/tips-kisah-sukses-dari-nenek-dan-sebuah-pensil/

arunals.wordpress.com/

Perbedaan adalah sesuatu yang lazim ada. Bahkan ada istilah yang menyatakan ‘perbedaan adalah bumbu dari rekatnya suatu kebersamaan’.

Perbedaan akan semakin mewarnai kebersamaan dari sebuah team. Namun bagaimana mengatasi perbedaan yang memberi akibat buruk? Di kegiatan inilah kita akan belajar mengenai perbedaan dalam sebuah team.

 

ILUSTRASI KEGIATAN

Tiap peserta diberi sebatang pensil warna, kemudian berkelompok berdasarkan warna-warna yang mendekati. Kemudian peserta diminta untuk mencari persamaan dari anggota dalam kelompok tersebut. Setelah persamaan dalam satu kelompok yang memiliki pensil warnan yang sama telah ditemukan, peserta diminta berkelompok kembali berdasarkan warna yang sama sekali berbeda. Dan peserta diminta mencari perbedaan dari anggota dalam kelompok tersebut.

Pada akhir sesi, tiap kelompok (kembali ke kelompok asal) membuat konsep sebuah acara atau kegiatan. Dalam membuat konsep tersebut, tiap peserta diharuskan ikut ambil bagian dengan ikut menggambar konsep. Setelah konsep terbentuk maka tiap kelompok akan mempresentasikannya di depan kelompok lain.

HIKMAH KEGIATAN

  • Pada pengelompokan yang pertama, kita membuat sebuah grup berdasarkan kesamaan. Hal ini dapat dibuat dengan cukup sulit karena kita mencari warna yang sama atau mendekati. Begitu juga pada saat mencari persamaan lainnya dalam grup tersebut, hal tersebut amatlah sulit. Dalam satu grup tiap orang memiliki banyak perbedaan dan sedikit persamaan yang dimiliki.
  • Pada pengelompokan yang berdasarkan perbedaan warna, hal tersebut lebih mudah karena kita hanya diminta mencari warna yang berbeda. Pada saat mencari perbedaan, hal tersebut lebih mudah dilakukan, karena perbedaan dalam satu grup sangatlah banyak.
  • Dari kedua point di atas, dapat kita ketahui bahwa dalam satu kelompok pasti terdapat banyak perbedaan dan lebih sedikit persamaan yang ada. Pelangi memiliki banyak warna yang berbeda, akan tetapi sangatlah indah dipandang. Perbedaan adalah warna dalam tiap kelompok, untuk membuatnya dapat berjalan beriring maka tiap anggotanya harus mampu menghargai dan menerima perbadaan yang ada, sehingga tidak akan sering timbul gesekan yang akan menjadi pemicu perpecahan
  • Pada saat pembuatan konsep acara, tiap orang diminta untuk ikut ambil bagian. Akan tetapi pada kenyataannya tidak semua ikut ambil bagian, ada yang menukar pensil warnanya sehingga hanya satu orang  yang membuat konsepnya. Hal ini sangat tidak disarankan, karena akan menunjukkan bahwa kita tidak mendukung kegiatan yang akan dibuat bersama.
  • Menyatukan tujuan. Semua orang memiliki tujuan yang berbeda-beda walaupun dalam satu kelompok, maka hal pertama yang terpenting adalah menyatukan tujuan bersama agar semua orang ikut ambil bagian.
  • Setelah tujuan telah disatukan maka ide dan inisiatif akan banyak bermunculan. Dan terkadang semua ingin agar ide mereka dipakai. Bagaimana mungkin semua ide dipakai? Oleh karena itu, menghargai adalah hal yang penting. Kita harus memilih mana yang terbaik bagi kelompok. Dan yang ide nya tidak terpakai tidak boleh kecil hati, karena kepentingan bersama yang lebih diutamakan.
  • Setelah tujuan tersatukan dan konsep telah terbentuk, maka anggota harus saling mendukung kegiatan tersebut agar tujuan akhir dapat tercapai.

Kesimpulannya adalah dalam kelompok selalu terdapat banyak perbedaan, baik dalam kepentingan maupun tujuan. Jika menginginkan agar kelompok menjadi solid, maka kita harus menyatukan perbedaan tersebut, caranya adalah dengan menghargai orang lain dan saling mendukung.

1 Response to "Pelangi Perbedaan"

Bismillah..

Izin nge-copy

Syukron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: