amaliAnjani's Blog

Star Track – Jalan Bintang dan Kepercayaan

Posted on: January 14, 2011

Kepercayaan sangatlah penting dalam kehidupan apalagi dalam kerjasama dalam sebuah tim. Tanpa adanya sebuah kepercayaan maka tim tersebut tidak akan kompak, karena tiap anggotanya saling curiga. Selain itu, jika kita tidak dapat mempercayai orang lain maka kita akan mengalami kesulitan dalam hidup.

Dan kali ini kita akan membangun kepercayaan melalui permainan star trek.

ILUSTRASI KEGIATAN

Permainan ini dilakukan dalam  satu  kelompok. Dapat juga dalam kelompok besar dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, lalu tiap kelompok berlomba menjadi yang tercepat. Star trek adalah permainan kepercayaan. Tiap kelompok harus memiliki seorang pemimpin. Dan peserta lainnya akan ditutup matanya. Peserta yang ditutup matanya inilah akan mengikuti jalur yang berbentuk bintang. Dan pemimpin tiap kelompok akan membisikkan instruksi agar peserta yang ditutup matanya tidak meggambar keluar jalur.

HIKMAH

  • Seorang pemimpin harus jelas dalam memberikan instruksi. Selain itu, seorang pemimpin harus mampu mempengaruhi orang-orang yang dipimpinnya.
  • Orang yang dipimpin, dalam hal ini adalah peserta yang ditutup matanya, harus mempercayai apa yang diinstruksikan oleh pemimpinnya. Yang dipimpin tidak boleh bertindak seenaknya sendiri. Manusia cenderung berkurang tingkat kepercayaannya saat penglihatannya tidak dapat digunakan.
  • Selain itu, permainan ini melatih konsentrasi dan fokus peserta. Saat penglihatan kita tidak dapat digunakan maka kita harus fokus pada indera lainnya, dalam hal ini adalah pendengaran.

Kesimpulannya kepercayaan adalah hal yang penting. Agar instruksi yang diberikan dapat langsung dikerjakan dengan baik, maka kepercayaan diperlukan. Jika pemberi instruksi tidak mempercayai orang yang diberi instruksi maka tidak akan terjadi kerjasama yang baik, begitu pula sebaliknya. Namun kita patut berhati-hati dengan yang namanya kepercayaan. Ada kalanya kita harus berhati-hati, agar kepercayaan yang kita berikan tidak disalah gunakan. Jadi sebelum memutuskan untuk memberikan sebuah kepercayaan, kita harus mempertimbangkannya matang-matang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: