amaliAnjani's Blog

SOFTWARE ENGINEERING – INTRO

Posted on: October 3, 2011

Apa sih perangkat lunak itu atau yang biasa disebut software?

Software itu sendiri memiliki dua pengertian atau peranan.

1. Software yang memang merupakan sebuah produk. Misalnya microsoft office, winamp, dan sebgainya. Software yang memiliki peranan ini digunakan untuk para end user yang berguna untuk membantu menyelesaikan dan memudahkan kerja mereka.

2. Software yang digunakan dalam proses pembuatan produk. misalnya netbeans, notepad++, dan sebagainya. Software-software ini akan membantu untuk menghasilkan suatu produk.

Apa sih karakteristik software dibanding dengan hardware?

Karakteristik utamanya adalah software lebih ke arah logical bukannya ke arah physical yang biasa dimiliki oleh produk yang dikembangkan dengan massal seperti hardware. Dan beberapa karakteristik lainnya adalah sebagai berikut:

• Software dikembangkan bukannya diproduksi Hardware diproduksi sedangkan software dikembangkan. Mengapa istilah keduanya berbeda padahal hasilnya sama yakni sebuah produk? karena jika dilihat pada pen-design-an, design hardware mudah untuk dibenarkan jika terdapat kesalahan, hal ini berbeda dengan software yang lebih sulit untuk mengkoreksi jika terdapat kesalahan.Selain itu, pendekatan dalam proses pembuatan kedua hal ini juga berbeda.

• Software tidak akan kadaluarsa (wear out) Berbeda dengan hardware yang harus diganti dikarenakan perkembangan industri atau teknologi. Atau juga karena faktor lingkungan yang mengharuskan hardware tersebut diganti, misalnya karena sudah berkarat dan sebagainya. Pada software tidak akan terjadi hal-hal seperti itu. Software tidak perlu diganti karena faktor lingkungan. Dan jika kebutuhan bisnis berkembang yang menuntut peningkatan software, maka software tersebut tidak perlu diganti hanya perlu diperbaiki kekurangan-kekurangannya.

• Software continues to be custom built Walaupun industri berkembang terus menerus, software akan dikembangkan secara customisasi atau mengembangkan software yang telah ada yang biasa disebut re-use.

Apa saja aspek-aspek yang pasti dimiliki oleh software? Software atau perangkat lunak pasti terdiri dari tiga hal berikut.

1. Program

2. Data

3. Dokumen

Dan ketiga hal tersebut membutuhkan perekayasaan karena ketiga hal tersebut memiliki kompleksitas yang tinggi.

Lalu apa yang dimaksud software engineering ?

Software engineering atau biasa disebut sebagai perekayasaan perangkat lunak merupakan suatu perekayasaan yang melingkupi seluruh aspek pengembangan perangkat lunak. Software engineering memiliki banyak model, namun software engineering terbagi atas dua proses utama yakni :

1. Proses pengembangan software

Pada proses ini semua pengembangan software dirancang hingga menghasilkan produk. secara umum berikut adalah runtutan proses-nya:

• Communication • Planning • Modelling • Construction • Deployment

2. Umbrella proses

Merupakan proses untuk memanajemen seluruh proses yang ada pada pengembangan software. Dengan kata lain untuk mengelola atau mengatur sumber daya yang ada agar tercapai kualitas yang baik atau tetap mempertahankan kualitas yang telah ditentukan. Yang dimaksud kualitas disini adalah software tersebut memiliki biaya yang murah, waktu pengembangan cepat, dan memiliki scope yang luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: