amaliAnjani's Blog

STRAWBERR TREE, NGE-CHARGE GRATIS BERENERGI MATAHARI

Posted on: December 10, 2012

Angin dan matahari memiliki potensi energi yang luar besar jika kita, manusia, mampu memanfaatkannya

Hal tersebut yang rupanya disadari oleh para mahasiswa Belgrade University, Serbia yang menamai kelompok mereka dengan Strawberry Energy. Kelompok anak-anak muda yang memiliki mimpi “a dream in which the world can do better, and that the right way”. Mimpi untuk menggunakan energi matahari dan angin agar udara tidak terpolusi. Dan mimpi mereka tercapai pada tahun 2010, Strawberry Tree diperkenalkan kepada masyarakat Serbia, yang pada tahun 2011 mulai dibangun di beberapa titik lebih banyak di serbia.
Strawberry Tree merupakan “public solar mobile phone charger” alias tempat nge-charge ponsel secara gratis yang sumber energi listriknya berasal dari matahari (solar). Energi matahari atau solar energy tersebut dikumpulkan secara independent oleh “Tree” tersebut. Untuk lebih mudahnya silahkan lihat gambar berikut.

Pada tahun 2011, Strawberry Energy berhasil bekerja sama dengan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi Serbia dan telah mendapat berbagai penghargaan atas karya inovasi yang dikembangkannya. Dan pada tahun 2012 Strawbery Energy mentargetkan Strawberry Tree dapat dibangun di titik utama di Serbia, dan tahun-tahun mendatang akan membangunnya di berbagai tempat di Eropa, Afrika, dan Asia.

Strawberry Tree ini tingginya sekitar 15 meter dan digunakan oleh 16 orang secara bersamaan. Selain itu, Energi matahari yang telah diubah menjadi listrik akan disimpan hingga digunakan, maka masyarakan dapat bebas mengisi ulang baterai ponselnya walaupun mendung dan malam hari.

Melihat berbagai inovasi yang dikembangkan oleh para pemudanya di luar negeri, kapan ya pemuda indonesia mulai berpikir dan mengembangkan berbgai inovasi untuk bangsa yang labih baik, yang lebih ramah pada lingkungannya??
Kita merupakan bangsa yang besar dan itu bukanlah omong kosong, pemuda-pemuda kita memiliki potensi yang besar, hanya perlu lebih didukung dan diarahkan menuju arah yang lebih baik. Dan negara kita memiliki potendi energi yang luar biasa yang hingga saat ini belum dimanfaatkan dengan maksimal. Serbia merupakan negara di Eropa yang notabene bukan negara tropis, namun mereka mampu mengembangkan dan menggunakan energi matahari. Indonesia yang berlimpah energi mataharinya harusnya juga bisa lebih baik.
Semoga tulisan ini mampu menginspirasi para pembaca.

diambil dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: