amaliAnjani's Blog

Writing is a habit – Menulis adalah kebiasaan

Posted on: April 6, 2013

Mungkin bagi sebagian orang, membuat sebuah tulisan adalah hal yang menyusahkan. Belum  membahas membuat karya tulis ilmmiah yang notabene memiliki aturan-aturan penulisan yang cukup membuat pusing kepala, hanya membuat karangan saja hal tersebut sudah membuat sebagian besar orang malas membuatnya. Karena menulis itu susah, mengeluarkan buah pikiran dan membentuknya dalam rangkaian kalimat itu susah. hal itu selalu menjadi alasan bagi sebagian orang. dan sebagiannya lagi beralasan bahwa menulis itu hanya untuk orang-orang akademisi saja atau wartawan yang perlu kekuatan tulisan yang merupakan pekerjaan mereka. Padahal hal itu salah, hal itu hanya alasan yang diada-adakan saja.

Menulis itu wajib. Karena setiap dari manusia pasti memiliki buah pikiran yang ingin disampaikan kepada banyak orang lainnya. Keterampilan berbicara itu penting, namun keterampilan menulis juga tidak kalah pentingnya. Coba bayangkan ketika kita memiliki pendapat dan kita ingin orang lain mendengarkannya, maka kita perlu sharing buah pikiran kita kepada orang lain. Jika melalui berbicara maka kita perlu sekian menit untuk menyampaikannya hanya kepada satu orang, namun jika melalui tulisan maka kita dapat menyampaikan pendapat kita kepada banyak orang sekaligus dalam satu waktu yang bersamaan. Saya pernah mendengar bahwa keterampilan menulis seseorang berkaitan dengan tingkat intelegensi seseorang. Orang pintar dan cerdas pasti memiliki tulisan yang berbobot. Karena menulis juga mengasah daya analisis penulis itu sendiri. Dan juga melatih penulis untuk menjadi lebih peka dan berpikir secara tajam atas suatu hal.

Namun mengapa menulis itu begitu susah? Padahal ketika menyampaikannya kepada orang lain secara verbal begitu mudah. Karena kebiasaan. Karena tidak terbiasa maka kita merasa menulis itu sulit. Mengeluarkan apa yang ada di pikiran kita menjadi melelahkan. Hal ini karena kita tidak terbiasa. 

Menghasilkan sebuah tulisan setiap hari merupakan treatment yang bagus. Tulisan tidak perlu yang rumit dan berkesan berat. Menulis diary atas apa yang telah terjadi dalam satu hari yang telah anda lalui juga merupakan latihan menulis. Jika terus dilakukan rutin setiap hari, maka tanpa sadar kita telah melatih kemampuan menulis kita.
JADI, ayo biasakan meulis tiap harinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: