amaliAnjani's Blog

IDE ART 2013 – DESPRO ITS

Posted on: April 8, 2013

Dua hari, dari jumat hingga sabtu, Himpunan Mahasiswa Jurusan DESPRO ITS mengadakan acara dua tahunan yang bertajuk IDE ART dengan tema DREAMS COME TRUE. Bnyak perlombaan yang diselenggarakan baik untuk para siswa SMA hingga Mahasiswa. Perlombaan yang diadakan cukup menarik ada desain kaos, desain postcard, dan desain kamar impian, dan lainnya.

Tidak akan bercerita banyak mengenai acara, bisa dilihat sendiri di websitenya. Namun aku akan bercerita mengenai sudut pandangku. Aku suka dengan penataan tempat acara ini dan detailnya juga yang pasti. Tidak seperti acara-acara himpunan ain di ITS yang notabene selalu menggunakan tempat indoor. Sewa tempat alias gedung yang bagus, padahal notabene biaya yang paling besar diserap ya dari pengeluaran sewa gedung itu tadi. Namun acara ini tidak, dengan konsep outdoor dan tempat yang digunakan adalah lapangan parker jurusan DESPRO ITS. Walaupun aku akui, tempat parkirnya luas dan tidak seperti lapangan parker jurusan lainnya, namun jika tujuan acara adalah mengenalkan jurusan bukankah ini salah satu langkah awal yang bagus?

Lapangan parkir tersebut disulap menjadi 3 area secara global. Area pertama adalah stand karya dan komunitas. Karya-karya para peserta lomba dipamerkan disini. Selain itu, pengunjung juga dapat bertanya dan melihat hasil karya para komunitas mahasiswa di jurusan ini. cukup menarik karena jurusan ini memiliki beragam komunitas seni, mulai dari green community, comic, video mapping, dan banyak yang bahkan tidak dapat aku ingat secara jelas. Namun yang paling berkesan bagi saya adalah komunitas thypography karena saya penikmat word art ini. Pada area ini terdapat prototype dari rusa yang terbuat dari jalinan ranting-ranting kayu. Rusa buatan ini sangat keren bagiku, butuh berapa lama untuk menyelesaikan satu per satu jalinan ranting untuk menjadikan seekor rusa yang tinggi nya seukuran manusia normal.

Area kedua adalah food centre. Untuk pengunujung yang kelaparan dan butuh pengisi perut dapat datang ke area ini. walaupun tidak ada stand yang menyediakan makanan berat (baca: nasi dan sejenisnya), pengisi yang ditawarkan cukup menggugah selera makan. Takoyaki, waffle, sego njamur, dan banyak lagi. Dan yang menarik di area ini adalah instalasi rumah permen seperti yang ada di cerita hansel and Gretel. Rumah permen ni terbuat dari sterofoam dan diletakkan di pojok area tersebut. Dengan tinggi setinggi rata-rata tinggi manusia, instalasi ini cukup menarik perhatian dan menjadi object foto-foto pengunjung.

Dan area terakhir adalah panggung. Yang berada di tengah-tengah area parkir. yah tidak ada yang diceritakan dari panggung utama ini, sama seperti panggung pada acara-acara pada umumnya.

Dan yang keren di acara ini, adalah stand ramalan yang teletak di pulau ditengah danau. DESPRO memang memiliki rawa yang membentuk danau alami yang tidak terlalu besar yang terletak di samping tempat parkir dan ditengahnya terdapat pulau kecil. Dan rupanya panitia acara ini tidak menyia-nyiakan tempat ini. danau tersebut disihir menjadi stand ramalan yang keren. Bahkan jalan kecil menuju kesana diberi pencahayaan obor di kanan dan kirinya.

Terakhir, aku cukup terkesan dengan lampu-lampu yang dibentuk jadi lampion-lampion dan dipasang di pohon-pohon. Jadi kepikiran, mau pasang juga di pohon di halaman rumah.😀. pohon-pohon itu jadi bercahaya gimana gitu. Hahaha.
jadi overall, I have no regret came to this event. so great, dibanding dengan acara-acara yang dibikin anak ITS pada umumnya. Hey aku bukang nggak bangga jadi mahasiswa ITS, tapi anak ITS kan anak teknik banget, jadi kalau bikin acara pasti yang stagnan, kaku, and nggak ada kejutannya. Semoga jika ada mahasiswa ITS terutama, yang membaca tulisan ini jadi punya motivasi untuk membuat acara yang menarik dan belajar dari anak-anak seni DESPRO ITS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: