amaliAnjani's Blog

Kisah Burung Pipit, Penyu, dan Pohon Kelapa

Posted on: April 16, 2013

Alkisah di suatu pantai yang indah hiduplah seekor burung pipit, penyu, dan sebatang pohon kelapa. Ketiganya merupakan sahabat baik. Suatu hari ketiga sahabat ini berkumpul dan burung pipit menceritakan kehebatannya.

“aku telah terbang mengelilingi negeri ini. Bahkan aku telah mengenal semua makhluk yang hidup di negeri ini.” cerita si burung pipit.

Si penyu kemudian juga bercerita “ah, kamu baru mengelilingi satu negeri ini saja sudah sombong. Aku malah sudah mengarungi lautan di bumi. Aku telah mengunjungi semua benua yang ada di bumi. Aku bahkan, telah melihat manusia-manusia dengan kulit yang berbeda-beda.”

Si pohon kelapa hanya diam dan mendengarkan cerita kedua sahabatnya itu. Dan kedua sahabatnya akhirnya bertanya kepada pohon kelapa yang sejak tadi hanya diam mendengarkan mereka berdua.

“hei, pohon kelapa, kamu sudah pergi kemana saja?”Tanya burung pipit dan penyu.

Pertanyaan tersebut sungguh kejam, bagaimana tidak? Pohon kelapa mulai masih biji, bertunas hingga berbuah seperti sekarang ya hanya tinggal di satu tempat. Tidak bisa pergi kemana-mana seperti kedua temannya itu. Akhirnya pohon kelapa menjawab, “aku tidak pernah pergi kemana-mana”. Jawaban yang kelihatannya menyedihkan, namun pohon kelapa menjawabnya dengan bahagia.

Karena sebenarnya pohon kelapa memiliki rahasia kecil yang tidak diketahui kedua sahabatnya. Walaupun pohon kelapa itu tidak dapat berpindah tempat, namun phon kelapa itu selalu berbuah. Ketika berbuah, buah-buah kelapa akan jatuh ke pasir dan akan terseret ombak dan terombang ambing d lautan lepas. Buah-buah kelapa ini akan mengalami perjalanan yang menakjubkan. Diombang-ambing ombak hingga terhenti di sebuah pantai di belahan dunia yang berbeda. Buah-buah kelapa ini tidak hanya satu tapi puluhan, ratusan, bahkan ribuan buah kelapa yang dihasilkan oleh si pohon kelapa itu.

Setelah kedua sahabatnya mengetahui rahasia kecil ini, kedua sahabatnya terkejut bukan kepalang.

“jadi, pohon kelapa yang baru tumbuh di bagian seberang negeri ini adalah buahmu?” Tanya burung pipit terkejut.

“dan pohon kelapa yang aku temui di benua di belahan bumi yang lain itu juga buahmu?” Tanya penyu terkejut.

Dan pohon kelapa hanya tersenyum mengiyakan pertanyaan dari kedua sahabatnya itu.

……………

Cerita ini adalah jawaban dari pertanyaan “mengapa kita harus menulis?”.

Cerita ini saya dengar dari TERE LIYE ketika mengikuti sebuah seminar. Dan kisah ini cukup menginspirasi saya, semoga cerita ini dapat menginpirasi siapa pun yang membaca kisah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: