amaliAnjani's Blog

Menulis Itu Mudah

Posted on: April 16, 2013

Bagi banyak orang, judul tulisan ini mungkin sudah mainstream banget ya, bosen banget dengernya. Dan sebagian lagi mungkin berpikir ‘itu kan kamu, bagiku nggak tu’ dan pikiran-pikiran lainnya. Namun ketika saya menghadiri salah satu seminar yang diadakan oleh BEM ITS yakni POSEIDON, yang salah satu pembicaranya adalah penulis kondang Tere Liye, cukup membangkitkan minat saya untuk menulis. Cara penyampaian penulis tersebut yang sering menggunakan cerita untuk menjawab pertanyaan peserta, mampu membangkitkan pemahaman baru para peserta seminar.

Pernyataan yang saya sukai dari beliau adalah “adalah bohong jika kita tidak memiliki cerita yang bisa ditulis.” Karena kita semua bisa menulis. Bang Tere juga menceritakan cerita singkat yang mampu menjawab pertanyaan, “mengapa kita harus menulis”. Cerita singkat tersebut akan saya tuliskan di artikel terpisah.

Dalam sesi satu setengah jam tersebut, Tere Liye menyampaikan beberapa tips trik mudah untuk menulis sebagai berikut:

  • Tulis dengan SUDUT PANDANG SPESIAL

Ide cerita itu ada dimana-mana. Segala bentuk yang ada disekitar kita, dapat dijadikan sebuah cerita yang menarik, jika kita menceritakannya dengan sudut pandang yang berbeda, sudut pandang yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Film animasi SHREK 1 dan 2, memiliki ide cerita yang sama namun kita masih bisa menikmatinya dan tidak menyadari bahwa cerita pokoknya sama, karena cerita keduanya memiliki sudut pandang cerita yang berbeda. Film Ayat-Ayat Cinta, mengapa bisa begitu booming? Padahal cerita intinya sama dengan cerita cinta lainnya, ada seorang pria yang diperebutkan 2 wanita. Ide cerita itu begitu biasa, namun karena sudut pandang yang berbeda maka cerita itu akan special.

  • Siapkan AMUNISI

Amunisi yang dimaksudkan disini adalah bahan yang dapat kita tulis. Bahan tersebut dapat kita ambil dari apa yang kita baca, kita obrolkan, kita lakukan, kita amati, dan lainnya. Tidak mungkin seorang penulis tidak suka membaca, dan juga tidak mungkin seorang penulis tidak suka mencari informasi baik melalui apa yang dibicarakannya hingga yang diamatinya.

Dan yang perlu kita latih adalah PENGAMATAN kita. Seorang yang mencari informasi akan mencari mencari informasi tersebut hingga ke celah-celah paling kecil. Dengan benyak informasi atau amunisi yang tersimpan di kepala kita, maka akan mudah bagi kita untuk menulis.

  • Tidak ada TULISAN YANG BAIK ATAU BURUK

Semua tulisan itu sama, tidak ada tulisan yang bagus sekali atau tulisan yang buruk. Yang ada adalah tulisan tersebut relevan atau tidak. Namun penulis harus yakin bahwa tulisannya relevan. Sehingga tulisan tersebut akan dapat dinikmati oleh banyak pembaca.

  • TULIS SAJA!

Bagi banyak orang, bagian tulisan paling susah adalah menuliskan kalimat pertamanya. Jika poin 1 dan poin 2 terpenuhi, maka kalimat pertama bukan hal yang sulit lagi. TULISKAN SAJA YANG ADA DI KEPALAMU.

Selain itu, yang membuat orang bingung untuk menulis adalah gaya bahasa. Gaya bahasa bagaimana yang sesuai? Gaya bahasa bagi tiap-tiap orang itu berbeda. Untuk menemukan gaya bahasa yang cocok dengan diri kita, maka kita harus sering menulis. Karena gaya bahasa adalah KEBIASAAN.

Kemudian bagaimana mengakhiri sebuah tulisan? Selain tulisan ilmiah, yakni dalam konteks cerita maka mengakhiri cerita tersebut adalah hal yang mudah. Tinggal akhiri saja. Tuliskan TAMAT ketika ide sudah benar-benar tidak lagi mengalir.

  • dan DO YOU’RE THE BEST!

Ketika kita menulis, maka niatkanlah tulisan tersebut untuk kebaikan. Tidak perlu memikirkan “apa tulisan ini akan disukai oleh orang lain”, “apa nanti akan ada yang membaca”, “apa nanti bakal ada editor yang akan menuliskan tulisan saya”, dan sebagainya. Niatkan bahwa tulisan yang kita buat adalah untuk kebaikan kita sendiri dulu, baru kemudian berharap semoga kebaikan ini dapat tersebar kepada orang lain. Dan lakukan yang terbaik.

JADI AYO MENULIS!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: