amaliAnjani's Blog

Bagi mereka yang sudah bekerja pasti mendapat gaji tiap bulannya, bagi yang masih bersekolah pasti mendapat uang saku dengan jangka waktu yang teratur entah harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Nah, kemana saja larinya uang-uang itu? mungkin sebagian dari kita sudah memiliki anggaran dan rencana. Rencana yang pasti dijalankan atau mungkin masih d awang-awang dan akhirnya tidak dijalankan atau bahkan ada yang tidak merencanakan sama sekali. Jadi bagaimana baiknya ya? Baiknya ya harus direncanakan. Hal ini dilakukan agar tidak ada istilah “miskin” tiap akhir bulannya. Caranya? yang jelas kita harus mendaftar pengeluaran wajib terlebih dahulu. Misalnya bayar SPP, listrik, air, dan lain-lain. Baru kemudian anggarkan yang lain-lain. Secara mudahnya uang yang kita dapat tiap bulan harus dibagi menjadi berikut ini.

  1. SAVE
    Alias TABUNGAN. Menabung itu perlu lho, walaupun kita hanya menyisihkan seperdelapan dari pendapatan kita. Masih ingat “pepatah sedikit-sedikit lama-lama jadi gunung” kan? Silahkan diimplementasikan pepatah ini. Tabungan ini perlu banget lho, kalau tiba-tiba ada pengeluaran yang mendadak dan tidak terencana misalnya kecelakaan, sakit, kebakaran, dan sebagainya. Jadi kita bisa menutupi pengeluaran itu dengan emergency money ini.
  2. SPEND
    Kita harus mendaftar apa saja yang menjadi pengeluran kita dalam satu bulan itu. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada pengeluaran yang tidak perlu. Pengeluaran-pengeluran wajib harus di-list terlebih dahulu, misalnya SPP, listrik, air, beras, gula, dsb. Kemudian list pengeluaran-pengeluaran dari kebutuhan yang diperlukan lainnya, misalnya mesti beli sepatu baru, parfum, sabun mandi, dsb. Kemudian yang terakhir adalah pengeluaran untuk “senang-senang”, yang dimaksud adalah pengeluaran untuk hobi kita atau cuma asyik-asyikan aja. Misalnya anggaran buat nonton, travelling, spa, dan lainnya.
  3. SHARE
    Menyisihkan uang untuk sedekah itu juga perlu lho. Jadi ini juga perlu, walaupun menyisihkan sedikit sekali dari total pendapatan yang kita dapat. Jika kita membantu orang lain dengan ikhlas, maka suatu saat saat kita membutuhkan bantuan maka kita juga akan menerima bantuan. Tuhan itu Maha Adil.

Yang terakhir yang tidak kalah penting adalah “MELAKUKANNYA”. Apalah gunanya mulut berbicara sampai berbusa-busa, apalah tulisan yang ditulis sampai berhalaman-halaman, namun tidak dilakukan.

Manajemen Uang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: