amaliAnjani's Blog

Wreck-it Ralph : Sebuah Film Tentang Seorang Perusak

Posted on: April 25, 2013

WreckitralphposterSebuah karya Walt Disney di bulan-bulan akhir 2012. Sebuah film keluarga yang ceritanya diambil dari sudut pandang yang agak berbeda dari biasanya yakni dari sudut pandang tokoh protagonis. Dikisahkan bahwa seorang tokoh jahat di salah satu game arcade Fix-it Felix merasa terdiskriminasi oleh para warga kota di game tersebut. Ralph merasa bahwa apa yang dia lakukan itu hanya peran saja dan dia juga ingin bergabung dengan para warga yang ada. Namun semua warga di game tersebut ketakutan pada Ralph, karena dia hanya bisa merusak saja. Hal ini berbeda dengan Felix yang merupakan tokoh protagonis di game tersebut. Felix sangat disayang warga kota, namun Felix merasa bahwa Ralph tidak seperti yang dibayangkan para warga kota tersebut. Hingga suatu ketika Felix memperbolehkan Ralph untuk mengikuti pesta perayaan ualang tahun game Fix-it Felix. Namun sayangnya, Ralph menghancurkan pesta meriah tersebut secara tidak sengaja. Dan seorang warga menantang Ralph untuk mendapatkan medali yang menujukkan dia adalah seorang Hero. Dan dimulailah petualangan Ralph menuju game-game arcade yang lain.

Pada game Hero’s Duty Ralph akhirnya mendapatan medali. Medali tersebut dia dapatkan dengan mendaki puncak tertinggi dalam game tersebut yang mana hal ini tidak seperti plot game tersebut. Namun ketika Ralph akan kembali, dia tidak sengaja mengaktifkan Cy-Bug yang merupakan serangga mematikan yang menjadi musuh pada game tersebut. Sementara itu, seorang pengunjung pada game centre melaporkan kepada pemilik game center tersebut bahwa game Fix-it Felix mengalami kerusakan karena tidak ada tokoh perusak pada game tersebut. Mengetahui hal tersebut dan berusaha mencegah game tersebut dihancurkan maka Felix memutuskan untuk mencari Ralph.
Di saat yang sama, Ralph telah terlempar ke dalam game racing berjudul sugar rush bersama seekor cy-bug. Dan pada game tersebut Ralph bertemu dengan seorang tokoh racer bernama vaneloppe. venellope merupakan tokoh glitchy atau tokoh yang seharusnya tidak ada karena mengalami kerusakan pada code nya. vanellope sangat ingin bertanding, namun karena dia tidak diinginkan maka dia tidak memiliki cart atau mobil balap. Ralph yang kehilangan medlai pada game racing tersebut akhirnya bersedia membantu vanellope untuk membuat mobil balap sehingga dia dapat mengikuti pertandingan. karena vanellope berjanji jika dia memenangkan pertandingan maka medali kemenangannya akan diberikan kepada Ralph.

Sementara itu, Felix yang telah sampai pada game Hero’s Duty bertemu dengan komandan pasukan wanita yang bernama Calhoun. Calhoun berang karena Ralph telah membawa keluar cy-bug yang merupakan virus berbahaya sehingga virus tersebut dapat menghacurkan seluruh game yang ada. Dan akhirnya felix dan Calhoun mencari Ralph memasuki game sugar rush. Namun sayang mereka berpisah. Felix dikurung di penjara bawah tanah kerajaan king candy dan calhoun menemukan jutaan telur cy-bug yang siap menetas.
King candy yang tidak menginginkan vanellope mengikuti pertandingan, bertindak curang dengan membobol code game dan mengambil medali Ralph. Dan king candy menawarkan pertukaran medali tersebut dengan tidak bertandingnya vanellope. Ralph mengiyakan karena king candy menyatakan jika pengunjung memainkan vanellope dan dia melakukan glitch maka pengunjung akan mengira game tersebut mengalami kerusakan dan akhirnya game tersebut akan dihancurkan.
Namun ketika Ralph kembali ke dalam gamenya sendiri dia menyadari bahwa semua warga game tersebut telah pergi, karena game tersebut akan dihancurkan. hal ini dikarenakan Ralph dan Felix menghilang. Ketika Ralph menyesali keputusannya meninggalkan game karena alasan yang tidak masuk akal, dia melihat game sugar rush bergambarkan vanellope yang berarti vanellope memang seorang racer pada game tersebut. hal ini menyebabkan Ralph kembali ke dalam game sugar rush untuk meminta maaf kepada vanellope.
Ralph mencari felix dan memintanya memperbaiki mobil balap vanellope agar dia dapat bertanding dan membuktikan bahwa dirinya adalah seorang racer. Namun disaat yang sama, telur-telur cy-bug menetas dan mulai menghacurkan game. Calhoun, Felix dan Ralph berusaha membasmi para cy-bug namun jumlah mereka tdak memadai sehingga mereka akhirnya membantu para warga game untuk mengungsi keluar dari game.
Di saat yang sama, vanellope menyadari bahwa king candy adalah turbo yang merupakan tokoh game lama yang gamenya dihancurkan. Turbo menyamar dan mensabotasi game racing yang baru karena merasa game tersebut mengalahkan kepopuleran gamenya. Namun sebelum mencapai finish cy-bug memakannya sehingga cy-bug tersebut bertranformasi menjadi satu dengan turbo. Dan akhirnya Ralph menemukan ide untuk menghancurkan para cy-bug tersebut dan menyelamatkan game sugar rush. Caranya adalah menghancurkan puncak gunung yang terbuat dari permen menthos dan memasukkannay ke dalam lava gunung yang terbuat dari cola. Percampuran keduanya menghasilkan ledakan yang menarik para cy-bug mendekat. Dan inilah yang menghancurkan para cy-bug tersebut dan menyelamatkan game.
Di akhir cerita diceritakan bahwa Felix menikahi Calhoun. Jati diri vanellope terungkap yakni vanellope merupakan putri yang memerintah pada game sugar rush dan merupakan racer terkuat pada game tersebut. Dan Ralph akhirnya mendapatkan simpati dari para warga game Fix-it Felix.

……………………………………………………………………………..

Kisah ini mengajarkan pada kita bahwa peran apapun yang kita miliki kita pasti memiliki dampak bagi lingkungan kita. Sehingga ketika kita menghilang maka lingkungan kita akan kehilangan dan tidak akan sama lagi. Tidak perlu membuktikan yang terbaik agar kita dikenal oleh banyak orang. Kita cukup melakukan yang terbaik saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: